WELCOME!

Selamat datang para pengunjung , semoga blog ini dapat bermanfaat dalam memberikan informasi, dan ini sebagai parameter saya untuk terus belajar menulis dan menulis

Minggu, 07 Februari 2010

iphone bagi si kecil

Anak – anak sangat suka dengan iPhone. Ini terbukti pada fathan, malaikat 3 tahunku yang lucu, bila memegang benda tersebut, langsung lupa segalanya. Dan dengan kemurahan hati penyedia apple store yang menyediakan aplikasi gratis buat anak-anak, kita dapat men-download-nya sesuai dengan umur dan kebutuhan kita. Tapi, hati-hati ya ibu-ibu, banyak juga aplikasi untuk orang dewasa yang bisa saja tanpa sengaja terlihat atau dibuka oleh anak kita. Untungnya, iPhone memberikan cara untuk mengatasi ini. Bukannya saya sales promotion iPhone, tapi ini cuma berdasarkan pengalaman saja dan dari temuan saya di internet.

Setting pada control
Untuk membatasi iPhone anda, pilih “setting”, pilih “general”, lalu pilih “restriction”. Nanti akan dihadapkan pada pengisian pin untuk mengaktifkan atau mematikan “restriction”.
Beberapa hal yang dapat kita batasi adalah:
• Judul lagu
• Browser Safari
• Youtube
• Install apps
• Kamera
Saat menonaktifkan sesuatu, icon aplikasi tersebut akan menghilang dari menu “home”. Misalnya, bila kita tidak menginginkan mengambil foto dengan iphone kita, maka matikan saja (turn off) kamera pada “setting”. Saat kita berada pada menu “home” , icon kamera akan hilang.
iPhone hanya bisa mengaktifkan atau mematikan program saja. Tapi bila hendak ingin mengontrol apa saja yang ingin kita download atau tidak bagi anak-anak kita jika mereka memainkan iPhone orangtuanya, maka dengan menggunakan komputer, pilih program iTunes store , pilih Edit pada top menu, pilih Preferences, nah.., disitu kita dapat mengontrol apa saja yang ingin kita download.

Hal yang sama berlaku pada browser iPhone. Kita hanya dapat mematikan atau mengaktifkan saja browsernya, tapi tidak ada seting pencarian yang aman untuk memfilter hasil browsing kita di internet. Jika kita tidak ingin mematikan browsernya, tapi ingin membatasi situs yang diperoleh dari browser, maka ada aplikasi yang dapat di download untuk seting browsing bagi anak-anak kita (cari di apple store).


Memang mudah sekali untuk menyetel seting ini, masalahnya adalah kita harus mengingat fitur apa saja yang sudah kita matikan…..jadi berhati – hatilah… namun tidak usah khawatir, si kecil pastilah ingat kita.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: